Kamis, 03 November 2016

EKSPRESIKAN KECEMBURUANMU!



Dan sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap Kami; dan kalau sudah begitu tentulah mereka mengambil kamu jadi sahabat yang setia (orang-orang kafir). Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati) mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka. (Al Isra: 73-74)

Ghirah adalah sebuah keniscayaan bagi seorang muslim. Setiap muslim memiliki hak untuk mengekspresikan ghirah keislamannya sesuai dengan ilmu dan keyakinan. Ada yang lantang membelanya ketika ia dinista, ada pula yang khusyuk berdoa. Semuanya memiliki kadar ghirah yang berbeda.

Ghirah atau kecemburuan adalah semangat yang menggelora dan marah ketika sesuatu yang dicintainya diremehkan, direndahkan dan dinistakan. Ini adalah konsekuensi cinta dalam bentuk dan kepada apapun.

Tak perlu khawatir, Islam akan senantiasa mulia dengan kemuliaannya. Namun demikian, khawatirlah terhadap diri kita jika memang ternyata harta benda, kedudukan, anak istri akan membuat kita lebih tersinggung jika ia diusik dan direndahkan dibandingkan keyakinannya dinistakan.

Tak pantas nampaknya mengusik kadar kecemburuan orang lain terhadap agamanya, karena ada yang jauh penting dari itu yaitu menjaga kesatuan hati orang muslim. Hadirkan doa dan prasangka terbaik kita untuk setiap muslim. Insya Allah aksi damai 4 November berkah. Semoga menjadi pijakan kuat menuju persatuan umat Islam di Indonesia.

Yuk, kita doakan semoga umat Islam yang mengekspresikan ghirah keislamannya besok di Jakarta mendapatkan perlindungan Allah Swt, tidak ada provokasi dan pelemahan yang menyebabkan suasana tidak kondusif. Bagi yang memilih untuk ‘berharap dan berdoa’ semoga diistiqomahkan dalam dakwah dan amal shalih… Aamiin.

Dan Dia (Allah) yang mempersatukan hati-hati mereka (kaum mukminin), seandainya kamu membelanjakan dunia dan seisinya, niscaya kamu tidak akan dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah lah yang mempersatukan hati-hati mereka (Al Anfal: 63)

Yogyakarta, 4 November 2016

#special thanks untuk Ummu Hafiza atas kiriman fotonya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar