Senin, 01 Juli 2013

Jalan Dakwah Satu


Jalan dakwah ini adalah satu. Tidak ada jalan dakwah yang dilalui Nabi Salallahu alayhi wa salam selain jalan ini bersama para sahabat setia. Demikian pula bagi segolongan orang yang mengaku penyeru, maka bagi para pendukung dakwah ia berjalan meniti jalan yang satu. Dengan berbekal taufik, kesungguhan, iman, amal, mahabbah dan ukhuwah, setiap generasi memiliki tantangan untuk melahirkan generasi baru yang lebih baik. Setiap fase perjuangan memiliki karakteristik yang sama. Rasulullah dan para sahabat terbaik menyeru manusia kepada iman dan amal terbaik untuk mencapai derajat takwa. Dengan kesungguhan, mereka berhimpun menjadi satu gelombang gerakan dakwah yang membawa angin perubahan umat sebagai wujud dari berpadunya hati karena iman dan ukhuwah, berhimpunnya kekuatan atas dasar jihad dan pengorbanan.

Sedangkan dakwah dan Islam di dalam rentang zaman ini seperti halnya gelombang laut yang mengalami dinamika di mana sebagian orang mendukung dengan totalitas, dan sebagian memusuhi dengan sembunyi-sembunyi dan terangan-terangan. Ia berubah seiring dengan berjalannya waktu dan ilmu yang tersebar di kalangan umat. Dalam analisis gerak dan seni berdakwah kampus,  menjadikan parameter keberhasilan dakwah kita memiliki hasil yang signifikan terhadap cita-cita besar umat Islam. Menuju peradaban Islam yang dapat didefinisikan di setiap langkah yang ditempuhnya. Mendekatkan umat pada kejayaan dan menghimpun keberkahan dalam satu orientasi hidup yang sama bersama Al Quran.

            Dakwah kampus merupakan sebuah fase yang penting dalam kita memetakan sebuah perencanaan membangun beradaban. Di mana salah satu tujuan dakwah kampus adalah menyuplai alumni yang memberikan dukungan penuh terhadap dakwah Islam serta mengoptimalkan peran kampus dalam proses transformasi masyarakat menuju masyarakat madani. Dengan peran ini, kampus merupakan kawah candra dimuka lahirnya generasi-penerasi pendobrak peradaban, sebagai perwujudan transformasi zaman menuju ke arah yang lebih baik. Mengapa kita membutuhkan banyak orang yang berafiliasi pada perjuangan Islam? Perlu kita sadari, bahwa salah satu tugas besar umat Islam adalah memimpin dunia. Karena kita faham bahwa kesempurnaan Islam, memiliki konsekuensi kepada kita yang memahaminya bahwa Islam adalah kehidupan yang di dalamnya terdapat unsur kedaulatan. Ia mengajarkan seluruh aspek kemanusiaan dengan bersendikan sistem Islam, membimbing pada cara pandang hidup Islam, membumikan nilai-nilai kebaikan. Karena sejatinya, tidak akan mungkin manusia menggapai kebahagiaan tanpa Islam di dalam dirinya. Tugas ini merupakan tugas yang agung, yang meliputi segenap sisi kehidupan, demi kebaikan seluruh manusia dan kemanusiaan yang paling sempurna dan bermartabat. Bahkan untuk kebaikan seluruh makhluk Allah, karena Rasulullah diutus untuk membawa rahmat ke seluruh alam.
Allah Swt. Berfirman:

“Dan bahwa yang kami perintahkan in adala jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya, yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa” (Al An’am: 153)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar